PEMDES PENYAGUAN BERSAMA FKP MEMVALIDASI PENDATAAN REGSOKSEK

  • Muhammad Salahudin
  • Mar 16, 2023

PEMDES PENYAGUAN BERSAMA FKP MEMVALIDASI PENDATAAN REGSOKSEK

 

Penyaguan, Kamis ( 11/05/2023 ) Pemerintah Desa Penyaguan, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (REGSOSEK) dengan Tema “Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat” bertempat di Balai Desa Penyaguan yang berlangsung pada hari kamis 11 Mei 2023.

Turut berhadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Penyaguan, BPS Kotawaringin Timur, RT, RW dan Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat. Tokoh Adat pun ikut hadir.

Kades Penyaguan mengatakan “ Dengan adanya kegiatan ini agar para RT dan RW benar-benar memahami cara melakukan pendataan atau pun kualifikasi masyarakat yang memang pantas diajukan. Agar data tersebut mudah diajukan oleh pihak Desa” ujar Bapak Kepala Desa.

BPS Kotawaringin Timur Mengatakan “Forum Konsultasi Publik (FKP) adalah proses validasi silang antara hasil pengolahan data hasil pendataan dengan pengetahuan masyarakat untuk diputuskan dengan mengedepankan musyawarah mufakat”. Tambahnya, Kamis (11/05/2023)

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperoleh daftar keluarga yang sudah diverifikasi kelompok tingkat kesejahteraannya dan disepakati bersama. Kesepakatan yang melibatkan RT, RW sampai Tokoh masyarakat akan meningkatkan kualitas data. Hasil FKP akan menjadi dasar dalam penentuan tingkat kesejahteraan keluarga hasil pendataan Regrosek sekaligus rekomendasi untuk pemuktahiran data selanjutnya